Dairi Gelar Operasi Zebra Toba 2013

Gelar Pasukan Operasi Zebra Toba 2013 Di Polres Dairi

  • Gelar Pasukan Operasi Zebra Toba 2013 dI Polres Dairi 
  •  
    Sidikalang (28/11) Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Toba 2013 dimulai sekitar pukul 08:00 WIB di lapangan upacara Mapolres Dairi yang dipimpin oleh Kapolres Dairi AKBP Donny SH. Damanik, SIK, MH selaku inspektur upacara dan Iptu Sopar Simamora, KBO Satlantas Polres sebagai komandan pasukan Dairi berjalan dengan tertib dan lancar.
    Dalam apel tersebut, Kapolres membacakan amanat dari Kapolri Jenderal Sutarman. Selain itu, apel juga ditandai dengan pemasangan pita kepada perwakilan personil Polres Dairi, Pus Denpom dan petugas dari Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi Kabupaten Dairi.
    Kapolres Dairi saat membacakan amanat  Kapolri “Operasi Zebra 2013” mengatakan, bahwa operasi ini merupakan operasi kepolisian terpusat bidang lalu lintas yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di wilayah Kabupaten Dairi. Oleh sebab itu, diperlukan koordinasi bersama antar instansi pemerintah yang bertanggungjawab dalam membina dan memelihara Kamseltibcarlantas, sehingga tercipta keterpaduan langkah yang dapat menunjang pelaksanaan tugas.

    Sebagai wujud keseriusan pemerintah terhadap berbagai permasalahan lalulintas yang terjadi, maka pemerintah telah menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2013 Tentang Program Dekade Aksi Keselamatan Jalan. Program ini bertujuan untuk mewujudkan keselamatan berlalulintas di jalan raya. Operasi ini diselenggarakan sebagai upaya Cipta Kondisi menjelang Hari Natal dan Perayaan Tahun Baru 1 Januari 2014, sekaligus juga merupakan langkah strategis menjelang pelaksanaan Pemilu 2014.
    “Operasi Zebra dilaksanakan selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 28 November s.d 11 Desember 2013 secara serentak", ujar Kapolres saat membacakan amanat Kapolri.
    Adapun sasaran Operasi Zebra ini sebagai berikut :
    • Pengemudi dibawah umur;
    • Melawan Arus Lalulintas;
    • Aksi Geng Motor / Balap liar;
    • Angkutan Umum tidak layak jalan;
    • Kenderaan Bak terbuka Bukan untuk memuat orang;
    • Menaikkan serta menurunkan penumpang tidak pada tempatnya; dan
    • Kenderaan yang menggunakan Rotator serta Sirene bukan peruntukannya.

    Dijelaskannya, mekanisme dan dinamika penyelenggaraan operasional Polri diwujudkan dalam bentuk kegiatan kepolisian, kerjasama kepolisian maupun operasi kepolisian. Kapolres Dairi mengucapkan terima kasih dan penghormatan kepada para stakeholder yang telah ikut berperan aktif dalam operasi ini maupun diinstansi masing-masing, dan penghargaan kepada seluruh personel pada apel gelar pasukan dalam rangka pelaksanaan operasi Zebra 2013 ini. “Semoga mulai saat ini, kita semua dapat berperan serta untuk berpartisipasi sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan kita bersama,” pungkasnya. Dikatakannya, hal ini adalah upaya-upaya meningkatkan kesedaran berlalu lintas dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas di jalan. (ebb)
    Berikut data statistik Laka Tahun 2011 s.d. 2013 yang dibacakan oleh Kapolres dalam arahannya :


    2011

    2012

    2013
    94 Kasus
    Meninggal Dunia : 45 Orang
    Luka Berat : 64 orang
    Luka Ringan : 69 orang
    Usia Korban :
    00 – 15 Tahun : 21 orang
    16 – 30 Tahun : 95 orang
    31 – 50 Tahun : 33 orang
    102 Kasus
    Meninggal Dunia : 46 Orang
    Luka Berat : 93 orang
    Luka Ringan : 97 orang
    Usia Korban :
    00 – 15 Tahun : 28 orang
    16 – 30 Tahun : 124 orang
    31 – 50 Tahun : 84 orang
    66 Kasus
    Meninggal Dunia : 31 Orang
    Luka Berat : 48 orang
    Luka Ringan : 66 orang


Postingan populer dari blog ini

PENERIMAAN ANGGOTA BARU IKATAN MAHASISWA DAIRI 2018

About IMADA

Taman Wisata Iman, Sitinjo Dairi