Bimbingan Belajar Ikatan Mahasiswa Dairi bukti nyata pengabdian IMADA untuk Dairi

Berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya, Bimbingan Belajar Ikatan Mahasiswa Dairi (BBI IMADA) merupakan program tambahan Badan Pengurus Harian IMADA periode 2016/2017 berdasarkan Hasil Keputusan Rapat Anggota IMADA 08 April 2017. BBI IMADA tahun ini adalah yang ke delapan kalinya diselenggarakan Ikatan Mahasiswa Dairi sebagai pengabdian secara nyata kepada masyarakat, khusunya masyarakat Dairi. Kegiatan BBI ini dilaksanakan oleh IMADA secara gratis. Kegiatan ini adalan bentuk tanggung jawab dan realisasi dari salah satu poin Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu “Pengabdian kepada Masyarakat" .
IMADA merupakan organisasi mahasiswa yang berasal dari kabupaten Dairi, Sumatera Utarayang bergerak dalam bidang sosial dan pendidikan. Organisasi ini beranggotakan mahasiswa/I asal kabupaten Dairi yang sedang aktif berkuliah di Medan, baik negeri maupun swata. Walaupun organisasi yang bersifat kedaerahan, dalam setiap pelaksanaan setiap kegiatan tidak memprioritaskan kesukuan, marga, maupun agama, tetapi yang terpenting adalah berusaha berbuat yang terbaik untuk kampong halamannya.
Pada kesempatan kali ini IMADA melaksanakan kegiatan mulai 18 April s/d 13 Mei, bertempat di sekretariat IMADA. Para pembimbing adalah BPH dan anggota IMADA serta volunteer yang dengan sukarela memberikan ilmu dan tenaga untuk peserta BBI IMADA. Sesuai penjelasan Rosaly Sitanggang selaku Biro Pelatihan dan Pengembangan (LitBang) yang bertanggung jawab pada kegiatan ini, program BBI IMADA kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya dengan berkaca dari kekurangan dan evaluasi yang telah dilakukan.
Kegiatan diawali dengan pertemuan peserta BBI IMADA dengan tentor dan technical meeting mengenai peraturan yang harus diikuti. Peserta BBI IMADA tahun ini sebanyak 17 orang yang sudah direkomendasikan sekolahnya masing-masing. Sebelumnya dari pihak BPH IMADA sudah mempersiapkan segala keperluan peserta bimbel baik buku pelajaran, alat tulis mengajar, meja belajar, prediksi soal dan soal-soal SBMPTN tahun sebelumnya. Pembelajaran setiap harinya dimulai pukul 08.00 -17.30  wib kecuali di hari jumat pembelajaran berakhir pukul 18.00 wib.
Pada pertengahan kegiatan, satu  orang siswa BBI sudah diterima pada jalur SNMPTN 2017 yaitu Elia Panggabean asal sekolah SMA N 2 Sidikalang lulus di Universitas Lampung program bidikmisi Artha asal sekolah SMA N 1 Parbuluan lulus di Universitas Udayana . Para peserta BBI IMADA semakin terpacu belajar setelah menerima kenyataan tidak lulus pada jalur SNMPTN 2017. Setiap hari BPH selalu stay disekretariat untuk memenuhi dan mendengar kekurangan pembelajaran dan memotivasi peserta BBI IMADA. Pada minggu terakhir pihak BPH membuat inisiatif dengan mengadakan diskusi pada malam hari dengan mengundang seluruh tentor yang memiliki waktu.
Setelah kegiatan BBI selesai maka dilaksanakan acara pemberangkatan pada hari Minggu 14 Mei 2017. Pada acara pemberangkatan ini peserta diberikan wejangan dan motivasi oleh BPH, anggota, volunteer, dan alumni BBI agar semakin semangat dalam menghadapi ujian. Pemberangkatan kali ini terasa special karena di akhir acara BPH melalui Ketua IMADA Junikson Sembiring memberikan dekke simudur-udur yaitu ikan mas dalam tradisi adat batak, agar mendapat hasil yang terbaik pada SBMPTN 2017.
Pada 13 Juni 2017 pengumuman hasil SBMPTN 2017 menyatakan dari 15 peserta yang tersisa, sebanyak 10 peserta dinyatakan lulus dan diterima pada program bidikmisi. Peserta yang lulus diantaranya Infan Sipangkar asal sekolah SMA N 1 Siempat Nempu Hulu lulus di Pendidikan Teknik Mesin – Univ. Negeri Medan, Harini Sinaga asal sekolah SMA N 1 Pengagan Hilir lulus di Kehutanan – Univ. Sumatera Utara, Jhon Kipli Situmorang asal sekolah SMA N 1 Siempat Nempu Hulu lulus di Akuntansi Univ. Palangkaraya, Ronauli sitorus  asal sekolah SMA N 1Silima Pungga – Pungga lulus di Manajemen – Univ. Negeri Manado, Lirayanti Sihotang asal sekolah SMA N 2 Sidikalang lulus di Ekonomi Pembangunan – Univ. Palangkaraya, Meliana Siregar asal Sekolah asal sekolah SMA SW Bukit Cahaya lulus di Peternakan – Univ. Bengkulu, Darwin Sihombing asal sekolah SMA N 1 Sidikalang lulus di Teknik Geologi – Institut Sumatera Utara, Lastiur Siregar asal sekolah SMA N 1 Lae Parira lulus di Pend.Ekonomi – Univ.Negeri Medan, Crischon Simangunsong asal sekolah SMA N 1 Silahisabungan lulus di Pend. Fisika – Univ. Negeri Manado, Abigael Aritonang asal sekolah SMA N 1 Pegagan Hilir lulus di Penk. Teknik Bangunan Univ. Negeri Medan
 Ketua IMADA 2016/2017 Junikson Sembiring menuturkan bahwa, kegiatan ini merupakan follow-up dari kegiatan Kegiatan Orientasi Pendidikan Ikatan Mahasiswa Dairi (KOPI). Bagi yang belum lulus, masih banyak jalur untuk menuju kampus impian kalian dan yang sudah diterima tetap bersyukur atas pemberian Tuhan dan jangan lupakan Dairi. Junikson juga berterimakasih kepada BPH, anggota, dan volunteer yang sudah memberikan tenaga, ilmu, dan hati dan semoga kedepannya program BBI IMADA semakin lebih ditingkatkan.

Biro Pelatihan dan Pengembangan (Biro LitBang)

Badan Pengurus Harian Ikatan Mahasiswa Dairi 2016/2017

Postingan populer dari blog ini

PENERIMAAN ANGGOTA BARU IKATAN MAHASISWA DAIRI 2018

About IMADA

Taman Wisata Iman, Sitinjo Dairi